Asian Language School

18 Oktober 2018

Etika Pertukaran Kartu Bisnis di Cina

Pertukaran kartu bisnis adalah suatu hal yang lazim dilakukan di dunia kerja ketika pertama kali berkenalan dengan koneksi yang baru. Di budaya Cina, pertukaran kartu bisnis yang dilakukan dengan benar bisa memberikan kesan yang baik kepada koneksi baru anda. Aktivitas yang terlihat gampang ini tidak boleh diremehkan karena bila tidak dilakukan dengan benar, akan memberikan kesan buruk, bukan saja bagi orang yang melakukan pertukaran kartu tersebut, tapi juga bagi perusahaan yang diwakilinya. Dalam sepotong kertas kecil ini tercantum nama, jabatan dan organisasi yang diwakili orang tersebut, sehingga pertukaran kartu bisnis ini menandakan perkenalan yang diformalisir. Dalam artikel ini, kami akan menuturkan budaya pertukaran kartu bisnis di Cina dan ungkapan-ungkapan yang biasanya menyertai beberapa skenario yang berbeda.

Chinese Business Card Exchange

Siapa Yang Harus Memberikan Kartu Bisnisnya Terlebih Dahulu

Biasanya pihak tamulah yang akan memberikan kartu bisnisnya kepada tuan rumah, atau pihak yang posisinya lebih rendah akan memberikan kartu bisnisnya kepada pihak yang posisinya lebih tinggi terlebih dahulu. Bila pada waktu yang sama terdapat banyak orang untuk bertukar kartu bisnis, dalam skenario ini tidak apa-apa untuk bertukar kartu bisnis dengan orang yang terdekat dengan Anda terlebih dahulu.

Ketika memberikan kartu bisnis Anda, peganglah kartu tersebut dengan jari jempol dan telunjuk menggunakan kedua tangan. Kartu bisnis Anda harus menghadapi sang penerima, dan tulisan di atas kartu tersebut harus bisa dibaca oleh sang penerima. Pemberi kartu bisnis melakukan kontak mata dengan sang penerima, sambil berkata, “这是我的名片,请多多关照。Zhè shì wǒ de míngpiàn, qǐng duōduō guānzhào.” (Ini kartu bisnis saya, mohon panduannya.) Pertukaran kartu bisnis dilakukan setelah kedua pihak telah diperkenalkan.

Ketika orang dari berbagai negara bertemu dan bertukar kartu bisnis, tergantung di mana pertemuan itu diadakan atau siapa sang tuan rumah, boleh saja Anda tidak mengikuti etika kartu bisnis yang dipaparkan di atas dan melakukan pertukaran kartu bisnis dengan cara yang lebih santai, misalnya memberikan kartu bisnis Anda dengan satu tangan. Seperti peribahasa Romawi, “Ketika di Roma, lakukanlah seperti orang Romawi.” Peribahasa yang sama dalam bahasa Cina yaitu “入乡随俗 rù xiāng suí sú”.

Cara Menerima Kartu Bisnis

Ketika menerima kartu bisnis, Anda harus berdiri bila sebelumnya duduk dan membungkuk sedikit. Gunakanlah jari jempol dan telunjuk untuk memegang kedua segi bawah dari kartu bisnis yang diberikan. Penerima kartu bisnis boleh berkata, “谢谢! 能得到您的名片十分荣幸!Xièxiè! Néng dé dào nín de míngpiàn shífēnróngxìng.” (Terima kasih! Merupakan suatu kehormatan besar untuk mendapatkan kartu bisnis Anda!) Bila menerima kartu bisnis dari seseorang yang berstatus tinggi atau terkenal di industri, Anda bisa berkata, “久仰大名 Jiǔyǎng dàmíng”, menandakan Anda sudah banyak mendengar nama sang pemberi dan mengungkapkan rasa kagum Anda. Setelah menerima kartu bisnis, Anda harus membaca kartu bisnis tersebut dengan teliti sebelum menyimpannya di dalam kotak pemegang kartu. Kartu bisnis ini tidak boleh ditaruh di kantung celana atau tas tangan karena bisa dianggap tidak sopan.

Cara Meminta Kartu Bisnis

Ada empat cara yang biasanya digunakan untuk meminta kartu bisnis:

  1. Anda bisa melakukan inisiatif memberikan kartu bisnis terlebih dahulu dan pihak yang lain biasanya akan menanggapi dengan memberikan kartu bisnisnya.
  2. Anda bisa melakukan inisiatif memberikan kartu bisnis terlebih dahulu sambil berkata, “这是我的名片,请多多关照。Zhè shì wǒ de míngpiàn, qǐng duōduō guānzhào.” (Ini kartu bisnis saya, mohon panduannya.) diikuti dengan ”能否有幸与您交换一张名片?Néngfǒu yǒuxìng yǔ nín jiāohuàn yìzhāngmíngpiàn?” (Boleh saya minta kartu bisnisnya?) untuk meminta kartu nama secara khusus dari lawan bicara.
  3. Bila ingin meminta kartu bisnis dari seseorang yang lebih senior, Anda bisa berkata “不知以后如何向您请教? Bùzhī yǐhòu rúhé xiàng nín qǐngjiào?” (Boleh saya minta panduannya di kemudian hari?)
  4. Bila bertukar kartu bisnis dengan seseorang yang sama pangkatnya atau umur, Anda bisa berkata, “不知以后如何与你联系?Bùzhī yǐhòu rúhé xiàng ní liánxì?” (Boleh saya hubungi di kemudian hari?) Di sini Anda menggunakan kata ganti kedua biasa “你 ní” dan bukan kata ganti kedua penghormatan “您 nín” seperti skenario 3.

Siap belajar bahasa Mandarin? Simak kursus bahasa Mandarin di bawah ini.